Tips Merawat Baterai Smartphone Agar Tahan Lama


IZZAN ZY -  Pasti diantara kalian banyak yang punya smartphone , tapi sayangnya kalian tidak terlalu paham tentang baterai . Banyak yang meng-charge baterai saat betarai sudah habis " 0% " dan menggunakan hp saat di charge , padahal hal tersebut dapat mengakibatkan baterai cepat rusak . Berikut adalah tips merawat baterai smartphone


1. Gunakan selalu head charger bawaan /Ori
Voltase Input dan Output, sudah disesuaikan dengan kondisi smartphone, dan kekuatan baterai. Maka selalu gunakan head charger untuk mencharging smartphone anda ya. Agar lebih awet baterainya.
 
2. Jaga baterai jangan sampai kosong (0)
pasti baterai kalian sudah menggunakan Li - ion, nah pengguna baterai ini sebetulnya tidak boleh sampai kosong, saat 5% sebaiknya langsung di charge ya jangan ditunggu mati ^_^
 
3. Jaga suhu baterai dan smartphone
Untuk beberapa smartphone , saat ini sudah dilengkapi fitur warning jika baterai dan ponsel terlalu panas karena beberapa hal , misalkan software tidak stabil,  penggunaan yang berlebihan, kondisi cuaca / lingkungan, atau cara menyimpan smartphone,tidak disarankan ditaruh di saku celana lho meskipun ada lapisan gorilla glass / drgaontrail. Terutama smartphone dengan multicore, akan cepat panas dan membutuhkan pembuangan panas yang sempurna, jika tidak akan mempengaruhi kinerja baterai dan ponsel itu sendiri. Alternatifnya adalah menggunakan case yang bisa dipasang pada belt untuk pria, atau flipcover untuk wanita.
 
4. Gunakan provider yang jaringannya bagus
Signal hp yang lemah (misalnya ditempat yang agak jauh dari jangkauan pemancar, atau di dalam ruangan yang tidak ada signalnya) akan membuat kerja hp semakin berat dan baterai akan menjadi lebih boros/cepat habis. Apabila hp Anda tidak ada signalnya sama sekali (diluar jangkauan signal pemancar hp, didalam ruangan yang tidak dapat dijangkau signal, atau antena hp Anda terlepas/pecah/rusak, dsb) lebih baik hp segera dimatikan, karena kinerja komponen penala (pencari) gelombang/signal hp Anda terlalu berat dan dapat menjadi cepat melemah/nusak, selain itu baterai hp Anda menjadi lebih boros.
 
5. Cegahlah Overcharge berlebihan
saya sarankan agar mencegah overcharge apalagi jika kondisi smartphone agan kondisi mati dan tidak bisa charging tapi dipaksa dan dihubungkan ke konektor charger, yang ada baterai akan panas tapi daya tidak terisi, jika software bermasalah sebaiknya langsung bawa ke service centre agar di flash ulang , karena smartphone untuk charging dalam posisi mati pun melibatkan OS itu sendiri..

6. Jangan Menggunakan smartphone saat charging
Nah, kalian pasti pernah bermain game saat Hp sedang di charge. Sebetulnya tidak baik dan tidak disarankan mencharge sambil dipakai, kenapa? Karena saat charging, smartphone akan menjalankan program charging, dan mencegah baterai overcharging melalui pembacaan skala kapasitas baterai, jika skala itu naik turun karena daya mengisi namun tidak penuh-penuh karena sambil digunakan, alhasil batere smartphone akan panas dan merusak kinerja batere tersebut.
 
7. Jangan memasang charger pada stop kontak yang  bermasalah
Pastikan pengisi baterai hp Anda menempel dengan baik pada stop kontak (PLN), jangan menempelkan pengisi baterai pada stop kontak (PLN) yang longgar (posisinya goyang, tidak rapat, tidak menempel baik, atau miring) karena kondisi ini rawan bahaya korslet yang dapat merusak hp, baterai, dan atau pengisi baterai hp Anda. Cabutlah pengisi baterai hp Anda dari stop kontak (PLN) apabila tidak digunakan mengisi baterai.
 
8. Jangan menaruh Ponsel dekat medan listrik dan Magnet
Jauhkan hp dari medan listrik dan medan magnetik (misalnya diatas tv, terlalu dekat kipas angin, trafo, atau speaker) karena dapat mengganggu signal hp, dan akibatnya kinerja baterai jadi lebih boros dan kinerja baterai tidak maksimal.

Sekian Tips dari saya  , Terima Kasih ^_^



Terimakasih telah membaca artikel Tips Merawat Baterai Smartphone Agar Tahan Lama . Jika ingin copy paste artikel ini, harap mencamtumkan link http://izzanzy.blogspot.com/2014/11/tipsmerawatbateraismartphone.html Terimakasih atas perhatiannya.

Share :

Facebook Twitter Google+

Ada 0 Komentar Untuk " Tips Merawat Baterai Smartphone Agar Tahan Lama "

Back To Top